Premiere & Diskusi Film "Ayla" "Menutup Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan, Meneruskan Gerakan Perlindungan Ayla"

Siapa Generasi Pintar

Generasi Pandu Inklusi Nusantara (Generasi PINTAR) adalah organisasi orang muda yang bergerak untuk memperjuangkan hak – hak kelompok rentan dan termarginalkan melalui kerjasama dengan pemerintah, lembaga non pemerintah maupun swasta.

Dalam memperjuangkan pemenuhan hak dan peningkatan kesejahteraan kelompok masyarakat marginal, Generasi PINTAR memiliki 9 pilar fokus isu yang diantaranya adalah; Pilar Anak (AYLA); Pilar Anak Pekerja Migran; Pilar Anak AMPP (ABH); Pilar HAM berat; Pilar Masyarakat Adat; Pilar Agama Minoritas; Pilar Penghayat Kepercayaan; Pilar Disabilitas; Pilar Waria.

Generasi PINTAR menjunjung prinsip keterlibatan orang muda yang bermakna; artinya, Generasi PINTAR sebagai organisasi yang beranggotakan orang muda usia 15 – 30 tahun terus berupaya untuk merangkul orang muda lainnya untuk turut mengampanyekan dan mengedukasi inklusi sosial kepada masyarakat, karena semua orang setara dan semartabat.

Divisi

Struktur di dalam Genpi

Kepengurusan Generasi PINTAR terbagi menjadi empat divisi dengan tugas pokok dan fungsi sebagai berikut:

  1. Divisi Advokasi dan Kerjasama Bertujuan untuk mengadvokasi dan menjalin kerjasama untuk mendukung program kerja organisasi dan memberikan pengaruh kepada publik yang lebih luas sehingga dapat tercipta kesadaran akan isu-isu inklusi sosial. 
  2. Divisi Media dan Publikasi Bertugas untuk melakukan penyebaran informasi mengenai inklusi sosial dengan menggunakan media, yang mana saat ini berfokus pada media online.
  3. Divisi Pengembangan Program Bertujuan untuk memperluas jangkauan orang muda di seluruh Indonesia agar aktif mewujudkan nilai inklusivitas, dan berjejaring bersama Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) untuk mengembangkan program atau menciptakan program yang menyasar langsung kepada penerima manfaat (beneficiaries).
  4. Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia Bertujuan untuk menangani hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan sumber daya manusia di dalam organisasi Generasi PINTAR.

Dalam menjalankan koordinasi pokok, Generasi PINTAR dipimpin oleh koordinator umum yang berperan untuk melihat perkembangan dan hambatan organisasi, peran ini dibantu oleh wakil koordinator, sekretaris, dan bendahara.

Kegiatan

Yang telah diadakan oleh Genpi

Harmoni Inklusi: Lebih Dekat dengan Mereka yang Tersekat

Pada 21 November 2020 yang lalu, Generasi PINTAR bersama Program Peduli mengadakan acara Harmoni Inklusi : Lebih Dekat dengan Mereka yang Tersekat. Acara ini dilangsungkan pada tanggal 21 Desember 2019 dengan berlokasi di KROMA, Jakarta Selatan.

The Big “Little” Women: Seeing the Unseen

Dalam menyambut Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 7 Maret 2020, Generasi PINTAR menyelenggarakan kegiatan The Big ‘Little’ Women: Seeing the Unseen.

Kolaborasi #BersatuLawanCorona dan #MaskerUntukSemua

Bulan April 2020 lalu, Generasi PINTAR berkolaborasi dengan Indorelawan untuk membagikan 20 paket sembako kepada komunitas lansia Cina Benteng di Tangerang dan mendistribusikan 200 masker kain di sekitar Jakarta Selatan dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta.

Yuk bergabung bersama Generasi PINTAR dalam gerakan inklusi sosial!


Jika kamu adalah orang muda dengan ketertarikan dalam isu inklusi sosial, kamu bisa bergabung bersama Generasi PINTAR dalam menyuarakan inklusi sosial sambil merangkul orang muda lainnya untuk turut berpartisipasi dalam mewujudkan Indonesia yang inklusif. Untuk informasi lebih lanjut, cek Official Instagram @genpintar atau hubungi genpintarindo@gmail.com